Selasa, 21 Mei 2013

Mendefinisikan suku kata

Suku adalah unit dasar pidato dipelajari pada kedua tingkat fonetik dan fonologi analisis. Tidak peduli betapa mudahnya dapat untuk orang dan bahkan untuk anak-anak untuk menghitung jumlah suku kata secara berurutan dalam bahasa ibu mereka, masih ada universal disepakati definisi fonetik suku kata adalah apa.

DEFINISI fonetik

        Fonetik suku kata "biasanya digambarkan sebagai terdiri atas pusat yang memiliki sedikit atau tidak ada halangan untuk aliran udara dan yang terdengar relatif keras, sebelum dan sesudah pusat itu (...) akan ada halangan yang lebih besar untuk aliran udara dan / atau suara kurang keras" (Roach, 2000: 70). Dalam kata bersuku satu (satu kata-suku kata) cat / kæt /, vokal / æ / adalah "pusat" di mana sedikit obstruksi berlangsung, sedangkan kita punya obstruksi lengkap untuk aliran udara untuk plosif sekitarnya / k / dan / t / .

DEFINISI fonologi

        Laver (1994: 114) mendefinisikan suku kata fonologis sebagai "sebuah unit kompleks yang terdiri dari unsur-unsur nuklir dan marjinal".   Elemen nuklir adalah vokal atau segmen suku kata; elemen marjinal adalah konsonan atau segmen non-suku kata. Di cat suku kata / pe ɪ nt /, yang diftong / e ɪ / adalah elemen nuklir, sedangkan konsonan awal / p / dan cluster akhir / nt / elemen marjinal.

Prominence TEORI

        Upaya telah dilakukan untuk memberikan fisiologis, akustik atau pendengaran penjelasan dan definisi dari suku kata.   Menurut teori menonjol, misalnya, yang didasarkan terutama pada pendengaran penilaian, jumlah suku kata dalam sebuah kata ditentukan oleh jumlah puncak menonjol. Dalam kata menghibur / ˌ ent ə te ɪ n ɪ ŋ / puncak menonjol diwakili oleh vokal / e ə eɪ ɪ /.   Namun, teori ini tidak banyak membantu dalam diskusi pembagian suku kata.

DADA PULSA TEORI

        Teori pulsa dada membahas suku kata dalam konteks kegiatan otot dan gerakan paru-paru dalam proses pembicaraan. Percobaan telah menunjukkan bahwa jumlah pulsa dada, disertai dengan peningkatan tekanan udara dapat menentukan jumlah suku kata yang dihasilkan (Gimson, 1980: 56), sehingga memungkinkan untuk mengasosiasikan jumlah suku kata dengan jumlah pulsa dada. Pendekatan ini, bagaimanapun, tidak dapat menjelaskan kasus-kasus ketika 2 vokal terjadi satu demi satu - misalnya dalam kata-kata seperti berada / bi: ɪ ŋ / atau bermain / ple ɪɪ ŋ / pulsa dada kedua mungkin hampir tidak relevan dan dengan demikian menyebabkan keliru sampai pada kesimpulan bahwa kata-kata bahasa Inggris seperti terdiri dari satu suku kata saja.

Kemerduan TEORI,
Kemerduan SCALE

        Pendekatan lain disajikan oleh teori kemerduan yang menurutnya pulsa aliran udara pulmonal dalam pidato "sesuai dengan puncak dalam kemerduan" (Giegerich, 1992: 132).   The kemerduan dari bunyi ujaran dibahas sebagai "kenyaringan relatif dibandingkan dengan suara lain" (Giegerich, 1992: 132) dan masing-masing suku kata sesuai dengan puncaknya pada laju aliran udara pulmonal. Dengan demikian unsur nuklir, atau segmen suku kata dapat digambarkan sebagai intrinsik lebih nyaring daripada marjinal, atau unsur-unsur non-suku kata.

        Suara pidato dapat peringkat dalam hal kemerduan intrinsik mereka sesuai dengan skala kemerduan. Skala kemerduan untuk bahasa Inggris diberikan di bawah ini (meskipun pada prinsipnya juga berlaku untuk bahasa lain). Segmen bersuara lebih nyaring daripada yang bersuara dan sonorants lebih nyaring daripada hambat, vokal lebih merdu daripada konsonan, vokal terbuka menjadi lebih nyaring daripada yang dekat. Kata bersuku dua lukisan / pe ɪ nt ɪ ŋ / telah diplot ke skala kemerduan sebagai contoh.

vokal

lebih nyaring

aproksiman

nasal

kurang nyaring

frikatif

affricates

plosif

p
n
t
ɪ
ŋ

urutan linear fonem

        Seperti dapat dilihat dari grafik, ada dua puncak kemerduan dalam string fonem / pe ɪ-nt-ɪ-ŋ /, yaitu vokal / e ɪ ɪ /. Hal ini untuk menunjukkan bahwa jumlah suku kata adalah 2 juga.

        Skala kemerduan, seperti semua pendekatan yang diuraikan di atas, tidak banyak membantu ketika datang untuk pembatasan suku kata yang terpisah, namun.

<<< TOP <<<

§ 2.

Struktur kata

STRUKTUR HIERARCHICAL suku kata

Sebagian besar teori fonologi masa kini setuju bahwa suku memiliki konstituen atau hirarki, bukan linier, struktur.

        Suku kata (konvensional ditandai sekecil sigma Yunani: σ) memiliki dua konstituen langsung (itu "cabang" menjadi dua unsur, untuk memasukkannya ke dalam cara lain) - yang Onset (O), yang mencakup setiap konsonan yang mendahului elemen nuklir (yang vokal), dan Rhyme (R), yang subsumes elemen nuklir (vokal) serta setiap elemen marjinal (konsonan) yang mungkin mengikutinya. Rhyme, pada gilirannya, cabang lebih lanjut ke Puncak (P), juga dikenal sebagai Nucleus (N), dan Coda (Co). The Peak (Inti), sebagai penunjukan menunjukkan, mewakili unsur "nuklir" atau paling nyaring dalam suku kata. The Coda mencakup semua konsonan yang mengikuti Puncaknya pada suku kata. Struktur kata dapat diwakili grafis dengan cara "diagram pohon". Contoh pertama kita akan ambil adalah cat / kæt /.

KONSTITUEN OPTIONAL

        Dalam kasus cat / kæt /, Onset tersebut, Puncak dan Coda masing-masing terdiri dari satu segmen: konsonan (C) / k / menempati Onset, vokal (V) / æ / - Peak, dan konsonan / t / adalah Coda suku kata ini. Namun, ada suku kata dalam bahasa Inggris di mana salah satu atau kedua unsur marjinal (yaitu O dan / atau Co) tidak hadir - hanya Puncak merupakan elemen wajib dalam semua bahasa, dan dalam bahasa Inggris baik Onset dan Coda adalah opsional. (Ada bahasa, meskipun, di mana Onset adalah wajib, serta sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan Codas.) Perhatikan contoh berikut.

Serangan

Puncak

Coda

laut / Si: /

/ S /
/ I :/

Ø (none)

di / n /

Ø

/ Ɒ /
/ N /

mata / A ɪ /

Ø

/ Aɪ /

Ø

Percabangan onsets, PUNCAK DAN CODAS

        Di sisi lain, Onset tersebut, Puncak dan Coda mungkin setiap cabang lanjut menjadi dua C-atau V-konstituen masing-masing. Kemudian kita berbicara tentang percabangan atau onsets kompleks dll suku kata bahasa Inggris tenggelam / dra ʊ nd / adalah contoh di mana semua tiga elemen cabang:

        Seperti dapat dilihat dari diagram, diftong diperlakukan sebagai percabangan Peaks - setiap elemen diftong menempati satu V-slot. Kasus ini sangat mirip dengan "vokal panjang": dalam hal struktur suku kata, mereka ditafsirkan sebagai urutan dua identik V-elemen - / i :/ direpresentasikan sebagai V 1 = [i] + V 2 = [i], dan / ɑ: ɔ: ɜ: u: / adalah [ɑ ɑ +, ɔ ɔ +, ɜ + ɜ, u + u] masing-masing.

TERTUTUP suku kata, suku kata OPEN

        Suku kata yang berakhir dengan konsonan, misalnya cat / kæt /, it / ɪ t /, makan / i: t /, secara tradisional dikenal sebagai suku tertutup, sedangkan yang berakhir dengan vokal, seperti di laut / si :/ atau mata / a ɪ /, disebut terbuka. Dalam hal struktur suku kata, dalam suku tertutup Coda hadir, yaitu kita memiliki Rhyme bercabang, sementara yang terbuka memiliki non-percabangan Rhymes - elemen Coda tidak hadir. Onset suku kata tidak relevan dengan perbedaan ini.

BACAAN

        Untuk lebih detail (dan sedikit lebih khusus) tapi masih cukup singkat struktur suku kata, klik di sini . Pikiran beberapa perbedaan dalam transkripsi dan terminologi, meskipun. Maka Anda mungkin melanjutkan ke penjelasan struktur suku kata dalam kerangka Teori optimalitas (sebuah sekolah yang relatif baru dalam fonologi) dengan mengklik di sini . (Tapi pertama-tama Anda mungkin ingin membaca gambaran Teori optimalitas .)

<<< TOP <<<

§ 3.

Fonotaktik

(Berdasarkan Lass, 1984)

Fonotaktik adalah cabang fonologi yang mempelajari string diperbolehkan fonem dalam bahasa. Suku kata adalah unit pusat dalam deskripsi phonotactic, meskipun kadang-kadang prinsip-prinsip yang mengatur distribusi fonem melampaui batas-batas suku kata tunggal.

Plosif JERMAN DAN SIBILANTS

        Dua atau lebih bahasa dengan setara, persediaan fonem bahkan identik mungkin memiliki aturan yang sangat berbeda yang mengatur distribusi fonem dalam morfem, kata, suku kata. Jadi baik standar Jerman Utara dan Inggris memiliki sistem plosif yang dapat diwakili / pbtdk g / dan keduanya memiliki sibilants / sz ʃ /. Namun, sementara ini didistribusikan secara bebas dalam bahasa Inggris, tidak satu pun dari Jerman yang bersuara mungkin muncul kata akhirnya. Selanjutnya, sementara Jerman memungkinkan baik / s / dan / z / medial, hanya / z / terjadi awalnya dalam kata-kata asli sebelum vokal: G Sohn / z o: n / vs E putra / s ʌ n /, dan hanya / ʃ / terjadi awalnya sebelum konsonan: G Sturm / ʃ t ʊ rm / vs E badai / s t ɔ: m /. (Lass, 1984: 23)

ENGLISH sajak KUAT-suku

        Inggris memiliki keterbatasan tertentu pada bentuk suku kata yang kuat - mereka dapat terbuka hanya jika mereka mengandung vokal panjang atau diftong, dan hanya tertutup kuat suku kata mungkin memiliki vokal pendek. Dengan kata lain, vokal panjang dan diftong dapat terjadi di kedua terbuka (sue / su :/, bay / akan ɪ /) dan tertutup (balok / bi: m /, delapan / e ɪ t /) suku kata yang kuat, sedangkan vokal pendek hanya terjadi pada orang-orang yang tertutup (cat / kæt /, sakit / ɪ l /).

        Seperti yang kita lihat pada bagian struktur suku kata , suku kata akhir di VC memiliki Rhyme bercabang dengan non-percabangan Puncak dan Coda, dan VV adalah Puncak bercabang, sementara VVC adalah Rhyme bercabang dengan Puncak bercabang dan non-percabangan Coda. Kita sekarang dapat mempertimbangkan struktur Rhyme diperbolehkan suku kata yang kuat Inggris:

        Pembatasan phonotactic dapat didefinisikan dengan cara ini: Rhyme dari suku kata yang kuat harus cabang, OR mengandung setidaknya satu percabangan konstituen. (Lass, 1984: 254-255)

BACAAN

        Klik di sini untuk kertas rinci tentang fonotaktik (berdasarkan data Jerman).

<<< TOP <<<

§ 4.

Divisi suku kata

Sejauh ini kita telah menggunakan kata-kata bersuku kata sebagai contoh. Tapi ketika serangkaian suku kata yang bersangkutan, bagaimana kita memutuskan apa yang Coda satu dan Serangan berikutnya? Pertanyaan tentang pembagian atas suku-suku kata, pembagian kata dalam suku kata, cukup kontroversial dan ada beberapa pendekatan untuk itu.

        Kedua kamus pengucapan yang paling penting dan banyak digunakan dari bahasa Inggris, Kamus Bahasa Inggris Mengucapkan (EPD) dan Pengucapan Kamus Longman (LPD), menggunakan prinsip yang berbeda dari pembagian atas suku-suku kata, yang akan kita kutip pada gilirannya, dan kemudian secara singkat menyebutkan lain, lebih abstrak, pendekatan untuk pembagian suku kata.

Pembagian atas suku-suku kata DI EPD,
MAKSIMAL onsets PRINSIP

Dalam Pengantar divisi suku EPD dijelaskan sebagai berikut:

Sebuah titik. Digunakan untuk membagi suku kata, sesuai dengan rekomendasi saat ini Asosiasi Fonetik Internasional . (...) Namun, ini tidak digunakan di mana tanda stres atau ˌ terjadi, karena ini adalah penanda divisi efektif juga suku kata. (...)

(A) Sejauh mungkin, suku kata tidak boleh dibagi dengan cara yang melanggar apa yang dikenal struktur suku kata bahasa Inggris. The 'maksimal onsets Prinsip', yang secara luas diakui dalam fonologi kontemporer, diikuti sejauh mungkin. Ini berarti bahwa, bila memungkinkan, suku kata harus dibagi sedemikian rupa bahwa sebanyak konsonan mungkin ditugaskan ke awal suku kata ke kanan (jika orang berpikir dalam hal bagaimana mereka ditulis dalam transkripsi), bukan untuk akhir suku kata ke kiri. Namun, ketika hal ini akan mengakibatkan akhir suku kata dengan / stres ɪ /, / e /, / æ /, / ʌ /, / ɒ / atau / ʊ /, dianggap bahwa ini akan merupakan pelanggaran English fonotaktik, dan yang pertama (atau hanya) konsonan intervocalic ditugaskan untuk suku kata sebelumnya, sehingga kata 'baik' adalah dibagi / bet.ə /, sedangkan 'pemukul' dibagi / bi:. ʳ /. Dalam kasus vokal pendek tanpa tekanan, / e /, / æ /, / ʌ / dan / ɒ / juga dicegah muncul pada posisi suku kata akhir, namun, tanpa tekanan / ɪ / dan / ʊ / diperbolehkan sama "hak istimewa terjadinya "sebagai / ə / ketika konsonan dimulai suku kata berikut, dan karena itu dapat terjadi pada posisi akhir suku kata tanpa tekanan kecuali pra-pausally. Jadi dalam kata seperti 'mengembangkan', divisi suku kata adalah / dɪ vel.əp /.

(B) Kendati di atas, kata-kata dalam senyawa tidak boleh kembali dibagi syllabically dengan cara yang tidak setuju dengan batas kata dirasakan. Misalnya 'hardware' bisa secara teori akan dibagi / hɑ:. Dweə /, tetapi sebagian besar pembaca akan menemukan ini kontra-intuitif dan akan lebih suka / hɑ: d.weə /. Prinsip ini berlaku untuk membuka, senyawa tertutup dan ditulis dgn tanda penghubung.

(Jones, 1997: xiii)

Pembagian atas suku-suku kata DI LPD

Berikut adalah bagaimana LPD menetapkan pendekatan alternatif untuk pembagian atas suku-suku kata:

     Divisi suku ditunjukkan dalam LPD oleh jarak. (...)

     Hal ini umumnya sepakat bahwa divisi suku kata fonetik harus sejauh mungkin menghindari terjadinya gugus konsonan yang tidak ditemukan di tepi kata. Ini adalah kendala phonotactic. Jadi berangin mungkin wɪn di atau wɪnd i, tetapi tidak bisa wɪ ndi (karena kata-kata bahasa Inggris tidak dapat dimulai dengan nd). LPD mengambil pandangan bahwa pembagian atas suku-suku kata dari kata ini sebenarnya sejajar morfologi: angin + y, wɪnd i. Untuk alasan yang sama, bahasa harus laen ɡwɪʤ, tidak læŋɡ wɪʤ atau Lae ŋɡwɪʤ.

     Prinsip bahwa LPD mengadopsi adalah bahwa konsonan yang syllabified dengan mana dari dua vokal yang berdekatan ini lebih kuat ditekankan. Jika keduanya tanpa tekanan, ia pergi dengan satu ke kiri. Sebuah jumlah vokal lemah karena 'kurang stres' daripada satu yang kuat tanpa tekanan.

     Secara umum, prinsip ini tunduk pada kendala phonotactic. Namun, ada beberapa kasus di mana prediksi yang tepat dari alofon mengharuskan kita untuk menimpanya.

(I) suku kata tanpa tekanan tertentu diakhiri dengan vokal pendek yang kuat, meskipun kata-kata tidak bisa. Dalam nostalgia t ini tidak diaspirasikan (seperti dalam tumpukan staek, tidak seperti di taktik Taek), sehingga pembagian atas suku-suku kata tersebut (BRE) n ɒ stælʤ ə.

(Ii) r dapat mengakhiri suku kata, meskipun di Bre tidak dapat mengakhiri sebuah kata diucapkan dalam isolasi. R di berbintang adalah seperti r dalam bintang itu, dan berbeda dari r lebih kuat dalam pelari bintang. Demikian juga, ʒ dapat mengakhiri suku kata: vɪʒ visi ə n.

(Iii) Dalam morfem, tr dan dr tidak dibagi. Jika bensin adalah hewan peliharaan rəl, sebagai kendala phonotactic membawa kita untuk mengharapkan (karena kata-kata bahasa Inggris tidak berakhir di tr), t yang kemungkinan akan glotal dan yang r bersuara (seperti pada tikus-ras reɪs ræt). Bahkan, tr dalam kata ini diucapkan sebagai kesimetrikan pada konsonan afrikat bersuara, maka LPD syllabifies itu petr əl.

(Wells, 2000: xx-xx)

AMBISYLLABICITY

        Namun kemungkinan lain memperlakukan konsonan intervocalic bahwa fonotaktik bahasa yang memungkinkan baik sebagai Codas dan onsets adalah untuk melihat mereka sebagai milik kedua suku kata pada waktu yang sama. Pertimbangkan bersuku dua kata kebiasaan / hæb ɪ t /. Konsonan / b / mungkin berfungsi sebagai Coda pada suku kata awal - [Hae b] - atau sebaliknya, sebagai Onset dalam suku kata akhir - [b ɪ t]. (. Sini kita menggunakan tanda kurung siku [] untuk menunjukkan batas-batas suku kata) Dalam kasus-kasus seperti ini, banyak phonologists berpendapat bahwa konsonan intervocalic memiliki fungsi ganda - Coda di suku 1, di satu sisi, dan di Onset suku 2, di sisi lain. Hal ini dapat direpresentasikan sebagai berikut: [1 Hae [2 b] 1 ɪ t] 2 1 = [hæb], σ 2 = [b ɪ t]). Konsonan yang masuk struktur dua suku kata disebut ambisyllabic. (Contoh dari Lass, 1984: 266)

BACAAN

        Sebuah pengobatan pembagian atas suku-suku kata sebagai proses mental (sangat berbeda dari pendekatan yang diuraikan di atas), dapat ditemukan di sini .

Bibliografi

·       Giegerich, HJ 1992. Bahasa Fonologi. Sebuah Pengantar. CUP

·       Gimson, AC 1980. Sebuah Pengantar Pengucapan bahasa Inggris. Edisi ketiga. Edward Arnold

·       Jones, D. 1997. Diedit dan direvisi oleh P. Roach dan J. Hartman. Mengucapkan English Dictionary. Edisi ke-15. CUP

·       Lass, R. 1984. Fonologi. Sebuah Pengantar Konsep Dasar. CUP

·       Laver, J. 1994. Prinsip Fonetik. CUP

·       Roach, P. 2000. Bahasa Fonetik dan Fonologi. Praktis Course. 3rd edition. CUP

·       Wells, JC 2000. Longman Pelafalan Kamus. 2nd edition. Pearson Education Terbatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar