Musriadi 1
Musriadi (B.S.I/
Ag.4)
Lecturer Rosmah Tami
Colonial and
Pasco-Colonial
June 1, 2013
GAMBARAN IMPERIALISME PADA NOVEL “HEART OF DARKNESS” KARYA JOSEPH
CONRAD
ABSTRACT
Novel ini membahas tentang penjajahan di
Congo yang digambarkan dalam karya Joseph Conrad “ Heart of Darkness” .Joseph
Conrad adalah penulis Inggris kelahiran Polandia.Ia menjadi salah satu penulis
sastra yang penting, dan keberadaannya disejajarkan dengan DH Lawrence, Herman
Mellville, Victor Hugo, Alexandre Dumas, dan lain-lain. Pada mulanya,ia adalah seorang
pelaut -atau pengelana.Ia bekerja pada perusahaan perkapalan Belgia ketika
mengumpulkan berbagai pengalaman yang akan ditulisnya dalam Heart of Darkness.Novel
ini mengambil setting di Afrika (daerah Kongo) pada masa penjelajahan-kolonialisme
Barat di Afrika di abad 19. Marlow sebagai karakter utama pada novel ini
menggambarkan kekejaman penjajahan melalui perburuan gading dengan mengusulkan
untuk membawa penerangan, tetapi dalam waktu yang sama mereka menjadi manusia
yang rakus akan kekayaan yang membuat mereka lupa akan tujuan mereka ke Congo
untuk memberikan peradaban kepada masyarakatnya, tetapi yang terjadi, mereka
memperlakukan masyarakat di sana tidak lebih seperti binatang.Ketamakan membuat
mereka menjadi manusia yang kejam.
Keywords: Greed
of Imperialism, Cruelty of imperialism, Exploitation of land.
PENDAHULUAN
Imperialisme adalah kebijakan memperluas kekuasaan negara dan
pengaruh di dunia melalui hubungan politik atau kekuatan militer, dan terutama
di masa lalu dengan mengakuisisi koloni.
(Oxford advanced Learner’s dictionary; 595)
Pada abad ke-19, berbagai kekuatan Eropa berebut untuk
merebut koloni di Afrika. Untuk mengkritik
kebijakan tersebut, imperialisme itu tidak lebih dari upaya brutal untuk mengekstrak
kekayaan dan sumber daya tanah Afrika.
Novel Joseph Conrad "Heart of Darkness' adalah salah satu
novel yang mengekspos eksploitasi imperialism tanah dan orang-orangnya. Novel ini tentunya memiliki sisi publik penting sebagai bentuk
dokumen kemarahan pada eksploitasi yang brutal. Ini
menceritakan tentang bagaimana kulit putih memperlakukan orang-orang Afrika,
terlepas dari misi mereka untuk membudayakan dan memberikan cahaya untuk
penduduk asli.
Musriadi
2
METODOLOGI
Dalam penulisan penelitian
ini, ada dua pendekatan utama yang digunakan, pendekatan intrinsik dan
ekstrinsik. Hakekatnya
setelah membaca novel secara menyeluruh, data yang penting bagi subyek diambil
keluar. Kemudian,
data diatur ke dalam pekerjaan ini. Ekstrinsik, studi diselesaikan oleh referensi.
Referensi ini digunakan
untuk mendukung semua ide yang digambarkan dalam penelitian ini.
THESIS STATEMENT
Dalam
analisis ini, penulis akan mengkaji imperealisme yang terjadi dalam novel
“heart of darkness” yang ditulis oleh Joseph Conrad. Heart of Darkness dapat dianalisis dalam hal fokusnya pada
periode sejarah, poskolonialisme, kolonialisme, dan acara budaya pada zaman
tersebut. Tema dalam novel ini adalah
orang-orang Eropa bepergian ke negara-negara terbelakang, biadab, dan tak
beradab ini terlihat dalam teks, yang memiliki lingkup sosial yang lebih luas
dan artistik. Novel ‘Heart of Darkness’Karya
Conrad ini mengkhususkan untuk menghubungkan antara nilai-nilai Victoria dan
cita-cita Modernisme.
SYNOPSIS
Aboard the Nellie, anchored in
the River Thames
near Gravesend, England, Charles Marlow tells his fellow sailors about
the events that led to his appointment as captain of a river-steamboat for an ivory trading
company. He describes his passage on ships to the wilderness to the Company's
station, which strikes Marlow as a scene of devastation: disorganized,
machinery parts here and there, periodic demolition explosions, weakened native
black men who have been demoralized, in chains, literally being worked to
death, and strolling behind them a white Company man in a uniform carrying a
rifle. At this station Marlow meets the Company's chief accountant who tells
him of a Mr. Kurtz, and explains that Kurtz is a
first-class agent.
Marlow leaves with a caravan to travel
on foot some two hundred miles deeper into the wilderness to the Central
Station, where the steamboat that he is to captain is based. Marlow is shocked
to learn that his steamboat had been wrecked two days before his arrival. The
manager explains that they needed to take the steamboat up-river because of
rumours that an important station was in jeopardy and that its chief, Mr.
Kurtz, was ill. Marlow describes the Company men at this station as lazy
back-biting "pilgrims", fraught with envy and jealousy, all trying to
gain a higher status within the Company, which in turn, would provide more
personal profit; however, they sought these goals in a meaningless, ineffective
and lazy manner, mixed with a sense that they were all merely waiting, while
trying to stay out of harm's way. After fishing his boat out of the river,
Marlow is frustrated by the months spent on repairs. During this time, he
learns that Kurtz is far from admired, but is more or less resented (mostly by
the manager). Not only is Kurtz's position at the Inner Station a highly envied
position, but sentiment seems to be that Kurtz is undeserving of it, as he
received the appointment only by his European connections.
Musriadi 3
Once underway, the journey
up-river to the Inner Station, Kurtz's station, takes two months to the day. On
board are the manager, three or four "pilgrims" and some twenty
"cannibals" enlisted as crew.
They come to rest for the
night about eight miles below the Inner Station. In the morning they awake to
find that they are enveloped by a thick, white fog. From the riverbank they
hear a very loud cry, followed by a discordant clamour. A few hours later, as
safe navigation becomes increasingly difficult, the steamboat is hit with a
barrage of sticks—small arrows—from the wilderness. The pilgrims open fire into
the bush with their Winchester rifles. The native serving as helmsman gives up
steering to pick up a rifle and fire it. Marlow grabs the wheel to avoid snags
in the river. The helmsman is impaled by a spear and falls at Marlow's feet.
Marlow sounds the steam whistle repeatedly, causing the shower of arrows to
cease. Marlow and a pilgrim watch the helmsman die, and Marlow forces the
pilgrim to take the wheel so that he can fling his blood-soaked shoes
overboard. Marlow presumes (wrongly) that Kurtz is dead. Marlow notes that the International
Society for the Suppression of Savage Customs commissioned Kurtz to
write a report, which he did eloquently. A footnote in the report, written much
later, states "Exterminate all the brutes!" (Later, Kurtz entreats
Marlow to take good care of the pamphlet.) Marlow does not believe Kurtz was
worth the lives that were lost in trying to find him. After putting on a pair
of slippers, Marlow returns to the wheel-house and resumes steering. By this
time the manager is there, and expresses a strong desire to turn back. At that
moment the Inner Station comes into view.
At Kurtz's station Marlow sees
a man on the riverbank waving his arm, urging them to land. Because of his
expressions and gestures, and all the colourful patches on his clothing, the
man reminds Marlow of a harlequin. The pilgrims, heavily armed, escort the manager to
retrieve Mr. Kurtz. The harlequin-like man, who turns out to be a Russian,
boards the steamboat. The Russian is a wanderer who happened to stray into
Kurtz's camp. Through conversation Marlow discovers just how wanton Kurtz could
be, how the natives worshipped him, and how very ill he had been of late. The
Russian admires Kurtz for his intellect and his insights into love, life, and
justice. The Russian seems to admire Kurtz even for his power—and for his
willingness to use it. Marlow suggests that Kurtz has gone mad.
From the steamboat, through a
telescope, Marlow can observe the station in detail and is surprised to see
near the station house a row of posts topped with decapitated heads of natives.
Around the corner of the house, the manager appears with the pilgrims, bearing
Kurtz on an improvised stretcher. The area fills with natives, apparently ready
for battle. Marlow can see Kurtz shouting on the stretcher. The pilgrims carry
Kurtz to the steamer and lay him in one of the cabins. A beautiful native woman
walks in measured steps along the shore and stops next to the steamer. She
raises her arms above her head and then walks back into the bushes. The Russian
informs Marlow that Kurtz had ordered the attack on the steamer. The Russian
refers to a canoe waiting for him and notes how delightful it was to hear Kurtz
recite poetry. Marlow and the Russian then part ways.
Musriadi 4
After midnight, Marlow
discovers that Kurtz has left his cabin on the steamer and returned to shore.
Marlow goes ashore and finds a very weak Kurtz making his way back to his
station - although not too weak to call to the natives. Marlow appreciates his
serious situation, and when Kurtz begins in a threatening tone, Marlow
interjects that his "success in Europe is assured in any case"; at
this, Kurtz allows Marlow to help him back to the steamer. The next day they
prepare for their departure. The natives, including the native woman, once
again assemble on shore and begin to shout. Marlow, seeing the pilgrims
readying their rifles, sounds the steam whistle repeatedly to scatter the crowd
on shore. Only the woman remains unmoved, with outstretched arms. The pilgrims
open fire. The current carries them swiftly downstream.
Kurtz's health worsens, and
Marlow himself becomes increasingly ill. The steamboat having broken down and
being under repair, Kurtz gives Marlow a packet of papers with a photograph. As
Kurtz dies, Marlow hears him weakly whisper: “The horror! The horror!”
Marlow blows out the candle and tries to act as
though nothing has happened when he joins the other pilgrims, who are eating in
the mess-room with the manager. In a short while, the "manager's boy"
appears and announces in a scathing tone: "Mistah Kurtz—he dead."
Next day Marlow pays little attention to the pilgrims as they bury
"something" in a muddy hole. Marlow falls very sick, himself near
death.
Upon his return to Europe,
Marlow is embittered. He distributes the bundle of papers Kurtz had entrusted
to him: Marlow gives the paper entitled "Suppression of Savage
Customs" (with the postscriptum torn off) to a clean-shaven man with an official
manner. To another man, who claims to be Kurtz's cousin, Marlow gives family
letters and memoranda of no importance. To a journalist he gives a Report for
publication, if the journalist sees fit. Finally Marlow is left with some
personal letters and the photograph of a girl's portrait—Kurtz's fiancĂ©e, whom
Kurtz referred to as “My Intended”. When Marlow visits her, she is dressed in
black and still deep in mourning, although it is more than a year since Kurtz's
death. She presses Marlow for information, asking him to repeat Kurtz's final
words. Uncomfortable, Marlow lies and tells her that Kurtz's final word was her
name.
PEMBAHASAN
Joseph Conrad menulis Heart of
Darkness di akhir tahun 1890-an setelah perjalanan ke Kongo pada awal dekade. Masalah
sosial utama di Heart of Darkness berkaitan dengan orang Eropa yang meninggalkan
moral ketika dihadapkan dengan kekuatan kolonialisme. Dua karakter utama, Kurtz
dan Marlow, kedua bangsawan ini menghadapi tantangan ini. Dengan demikian, tema
utama dalam novella dapat didefinisikan sebagai praktek-praktek kemunafikan
imperealisme yang bukan kepalang, dengan motif seperti understatements yang
ironis, horribleness, dan, tentu saja, kegelapan.
Musriadi 5
Tidak ada kata
yang dijelaskan Conrad di Heart of Darkness lebih baik daripada kata
pertentangan. Sementara Marlow ketakutan oleh kekerasan kehidupan imperialis di
Kongo, dia mengatakan bahwa setiap orang yang memberi ide, bekerja untuk
perusahaan. Seiring dengan hal itu, reaksi degenerasi Marlows dan Kurtzs adalah
ketakutan. Apa yang dulu tampaknya seperti kesempatan pekerjaan yang legit yang
ironisnya ternyata meremehkan, bahkan sudut pandang yang benar-benar akurat
atas bibinya yang mendaftarkannya pekerjaan pada perusahaan. Kata-kata tidak
bisa menggambarkan apa yang telah dialami Marlow.
Gaya penemuan Conrads
terhadap Marlows mengindikasikan kegelapan. Dia menyampaikan masalah korupsi di
tanah kolonial melalui simbol-simbol, seperti: kabut, kegelapan, sungai, kepala
dipenggal, kebobolan melalui tiang pagar, dan penyalahgunaan perempuan. Ketiga
digunakan untuk pratanda yang berakhir tidak menyenangkan, dan digunakan di
seluruh novel. Dua yang terakhir lebih khususnya menyoroti peristiwa-peristiwa yang
tidak menyenangkan yang membuka perjalanan Marlows dan memperhatikan perlakuan
brutal terhadap budaknya, dan hubungan Kurtzs dengan gundiknya.
Menggunakan
diksi bervariasi, sebagai cara Conrad membedakan karakter. Eropa berbicara
dengan makna, orang-orang akan jalan-jalan biasa (ex, itu wajar, dan tidak
orang-orang, mereka tidak tidak manusiawi. Yah, kau tahu, itu adalah kecurigaan
terburuk mereka yang tidak manusiawi). Afrika berbicara dalam ungkapan
sederhana, dan terdengar tidak berpendidikan (ex, Mistah Kurtz, ia mati satu
sen untuk pria tua). Ini menambahkan unsur realisme Heart of Darkness, sehingga
mendukung masalah sosial yang dibahas dalam novel. Citra Conrads besar atas
Marlows dengan narasi yang secara akurat dengan pratanda gelap. Peristiwa mengancam
yang akan segera membuka gulungan.
Imperialisme tetap menjadi pusat di "Heart of Darkness"
pada 1890-an, sebagian besar "tempat gelap" didunia telah ditempatkan
di bawah kontrol Eropa, dan negara-negara besar Eropa yang membentang tipis,
berusaha untuk mengelola dan melindungi kerajaan besar yang berjauhan. Retakan mulai muncul dalam sistem, kerusuhan, perang, dan
ditinggalkannya grosir perusahaan komersial semua mengancam orang kulit putih
yang tinggal di sudut jauh dari kerajaan. Heart of Darkness menunjukkan
bahwa ini adalah hasil alami ketika orang-orang yang diizinkan untuk beroperasi
di luar sistem sosial checks and balances: kekuasaan, terutama kekuasaan atas
manusia lainnya, pasti merusak. Pada saat yang
sama, hal ini menimbulkan pertanyaan apakah mungkin untuk memanggil seseorang
gila atau salah ketika ia adalah bagian dari sebuah sistem yang begitu
benar-benar merusak. "Heart of
Darkness", dengan demikian, pada tingkat yang paling abstrak, adalah
sebuah narasi tentang kesulitan memahami kata di luar diri, tentang kemampuan
satu orang untuk menghakimi orang lain.
Keserakahan dan kekejaman imperialisme digambarkan dalam
Joseph Conrad "Heart of Darkness" pada dasarnya muncul dari kelas pemburu
gading, sedangkan Kurtz, dibagian primitif dari benua yang gelap.
Musriadi
6
a. Keserakahan Imperialisme
Keserakahan
untuk kekayaan adalah akar segala kejahatan. Tindakan
Rakyat sangat dipengaruhi oleh kekayaan. Ini
adalah sama dengan karakter dalam "Heart of Darkness", Kurtz, dan
pemburu gading lainnya, yang percaya bahwa uang adalah segalanya. Mereka dipengaruhi oleh kekuatan uang. Oleh karena itu, mereka mencoba untuk mendapatkan uang
sebanyak mungkin dengan cara apapun. Mereka
dapat melakukan apapun untuk keinginan mereka, bahkan mereka harus membunuh
orang lain dan mereka akan melakukannya. Dengan
kata lain, mereka mendapatkan uang baik jujur atau tidak jujur.
Kurtz
adalah seorang idealis yang mengusulkan untuk membawa pencerahan, peradaban,
dan kemajuan ke benua Afrika, tapi pada saat yang sama, karena menjadi
mengerikan, Kurtz didorong oleh hal yang sama "kerakusan yang bodoh",
yang membuat dia sinis, lapar untuk kekayaan dan kekuasaan yang dapat membawa
ia keluar dari Kongo dan orang-orangnya. Kurtz
sendiri mengakui pembauran dua motif ketika ia menulis:
“Each station should be like a beacon on the road towards better
things, a centeror trade of course, but also for humanizing, improving,
instructing.” (Conrad, 2002: p.53)
Sejak awal, Kurtz melihatnya sebagai misinya baik untuk
menyelamatkan orang-orang Kongo dan untuk menghibur toko besar kerja gading
mereka.
Narator Conrad,
Marlow, lebih jelas terlihat daripada Kurtz dalam pemahaman tentang sifat
sejati dari imperialisme. Mengingat bagaimana
bibinya itu "dibawa kakinya" dengan efusi tentang misi pembudayaan
imperialis Eropa di Afrika. Dalam novel, Conrad
berkomentar bahwa ia memberanikan diri untuk menekan bahwa perusahaan itu
dijalankan demi keuntungan. Pada awal novel
Marlow bahkan lebih tajam menyatakan bahwa imperialisme adalah:
“just robbery with violence, aggravated
murder on a great scale, and men going at ity blind as is every proper for
those who tackle a darkness. The conquest of the earth, which mostly means the
taking it away from those who have a different complexion or slightly flatter
noses than ourselves, is not a pretty thing when you look into it too much.
What redeems it is the idea only.” ( Conrad, 2002: p.19 )
Cara di mana imperialis memperlakukan Afrika lebih seperti
budak ketimbang orang. Novel "Heart of Darkness" menjelaskan banyak kasus yang menunjukkan keserakahan dan
keegoisan imperialisme.
Setiap kepala diberi wewenang untuk mengumpulkan pajak.
Individu harus bekerja untuk jangka waktu tertentu
untuk pembayaran minimum. Ini, tentu saja,
adalah nama lain dari perbudakan. Yang disebut
wajib pajak diperlakukan seperti tahanan, pekerjaan
Musriadi 7
dilakukan
di bawah pengawasan tangan penjaga, dan, sebagaimana dapat dengan mudah dibayangkan,
sistem meminjamkan sendiri untuk semua jenis kebrutalan. Semangat kepahitan dan kebencian dihasilkan pada orang-orang
itu cukup menakutkan, tapi sedikit yang bisa dilakukan tentang hal itu seperti
pohon itu tidak cukup kontrol di daerah untuk mencegah berbagai agen dari penyalahgunakan
kekuasaan mereka.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa kulit putih telah menerapkan
praktek-praktek tidak bermoral, dan disalahgunakan kekuasaan mereka melawan
Afrika. Hal ini juga memberikan wawasan tentang
kengerian imperialisme yang terjadi pada waktu itu. Selain itu, ini menunjukkan bahwa kulit putih bisa melakukan
apa pun termasuk mengambil alih orang dan menggunakan mereka sebagai 'budak'
untuk keuntungan pribadi mereka sendiri. Hasil
kegilaan ini dan keserakahan dapat menjadi yang terbaik ditunjukkan melalui
penggunaan Conrad pada hidup dan citra. Tanah
Afrika digambarkan melalui keluar buku sebagai sesuatu yang hidup, dan Kongo
dibawa untuk hidup sebagai ular. Bukit-bukit
juga digambarkan sebagai 'takut' dari sumber daya yang diambil dari mereka.
Pohon-pohon dan tanah di Afrika yang terus bergerak dan
menelan para pelancong. Ini adalah semacam
memaksa mereka menuju Kurtz. Tanah tersebut
digunakan untuk memberontak oleh wisatawan mencari Kurtz.
Seluruh suasana di Kongo adalah salah satu materialisme
seseram yang dapat dilihat dalam kutipan di bawah ini:
“The word ivory rang in the ear, was
whispered, was sighed. You would think they were praying to it. A taint of
imbecile rapacity blew through it all, like a whiff from some corpse.” (Conrad,
2002:p.40)
a.
Kekejaman
Imperialisme
Hal ini ditunjukkan dalam novel bahwa imperialisme tidak
pernah peduli terhadap perasaan orang lain. Cahaya
yang muncul untuk mencerahkan adalah ilusi. Imperialisme,
keserakahan, kekejaman, dan penganiayaan terhadap manusia terjadi sepanjang
waktu dalam kehidupan pribumi.
Ketika Marlow mendarat di stasiun pertama, ia dikejutkan oleh
penampilan khas daerah, Ini adalah adegan 'kehancuran hunian'. Mesin-mesin yang dibawa dari Eropa untuk 'kemajuan' terlihat
aneh semua dan berada di lingkungan yang
asing. Marlow datang di sebuah truk kereta api
berukuran telentang memanjang:
“The thing looked as dead as the carcass of
some animal.” (Conrad, 2002: p. 30)
Sebuah kubangan boiler tanpa tujuan di rumput, setumpuk rel
adalah mengumpulkan karat, banyak drai pipa nage jatuh, bagian mesin membusuk
tersebar di seluruh tempat. Marlow mengatakan
bahwa seluruh proyek adalah nakal yang menghancurkan. Membosankan dan kehancuran berat mengguncang tanah yang
menunjukkan upaya untuk ledakan batu, namun ledakan itu lemah dan tidak
efektif. Tidak ada perubahan yang muncul pada
wajah batu.
Musriadi
8
“They were building a railway. The cliff was
not in the way or anything; but this objectless blasting was all the work going
on.” (Conrad, 2002: p.30)
Perasaan ini menunjukkan kegilaan orang Eropa. Mereka menjadi tuan yang kejam dan tidak peduli tentang
kondisi tanah asli dan Afrika.
Di stasiun yang sama, Marlow mengalami pandangan lain yang
lebih mengerikan dan tajam. Marlow mengatakan
bahwa ia berjalan ke dalam lingkaran suram, beberapa inferno yang sekarat dan
negro ditinggalkan. Ini negro dikumpulkan dari
bagian yang berbeda dari negara untuk membuat stasiun huni untuk orang kulit
putih. Mereka dipaksa untuk melakukan pekerjaan
yang tidak asing bagi mereka. Mereka tidak punya
cara untuk melarikan diri tetapi tetap bekerja. Orang-orang
Eropa mengekstrak tenaga kerja maksimum dan membayar mereka tiga sembilan inci sepanjang
kuningan kawat dalam seminggu, yang tidak cukup untuk mereka untuk apa-apa.
Selain itu, makanan yang tidak biasa dan iklim buruk. Sebagian
besar dari mereka berubah menjadi bangkai manusia. Tidak ada perawatan medis diberikan kepada mereka dan mereka
diizinkan perlahan binasa dan menyakitkan.
“They were dying slowly-it was clear. They
were not enemies, they were not criminals, they were nothing earthly
now-nothing but black shadows of disease and starvation, lying confusedly in
the greenish gloom. Brought from all the recesses of the coast, in all the
legality of time and contracts, lost in uncongenial surroundings, fed on
unfamiliar food, they sickened because of insufficient food and were then
allowed to crawl and rest.” (Conrad, 2002: p.32)
Ini adalah contoh yang
menceritakan pemborosan manusia yang sangat besar dan penderitaan manusia yang
diderita penduduk asli Afrika oleh Master Eropa. Satu sisi dengan rasa kasih sayang yang mendalam untuk kesakitan
orang negro. Simpati Conrad, dimediasi melalui
pemikiran dan tindakan dari Marlow, mengamankan posisinya secara permanen
sebagai humanis. Marlow menyebarkan penduduk
asli dengan menarik peluit kapal untuk menjaga
mereka dari bahaya.
Marlow memenuhi
general manager, seorang pedagang putih yang khas, yang hanya peduli dengan
keuntungan materi. Dia adalah seorang pria yang
kuat. Manajer digunakan untuk menyatakan
pandangan bahwa orang-orang yang dekat dengannya datang ke Kongo seharusnya
tidak memiliki perut.
“Men who come out here should have no
entrails.” (Conrad, 2002: p.39}
Dia menambahkan
bahwa mereka seharusnya tidak memiliki hati nurani untuk Eropa yang tidak
menunjukkan tanda yang membingukan pada tontonan penderitaan manusia.
Untuk Marlow, semua
pengalaman imperialis menjadi salah satu pengalaman. Eksploitasi manusia yang imperialisme di Afrika mensyaratkan dan
mengingatkan dia tentang penaklukan Inggris oleh Romawi, berlayar dari cahaya
Inggris ke kegelapan
Musriadi 9
laut, kembali dengan 'panggul bulat' kapal mereka
menggelembung harta. Keserakahan dan kekejaman
yang sama untuk daya dan berada di akar penaklukan tersebut dan penerapan ditandai
kekuatan keberutalan mereka juga:
“They were conquerors and for that you want
only brute force-nothing to boast of, when you have it, since your strength is
just an accident arising from the weakness of others. They grabbed what they
could get for the sake of what was to be got. It was just robbery with
violence, aggravated murder on a great scale, and men going at it blind – as is
very proper for those who tackle a darkness.” (Conrad, 2002: p. 190)
Conrad benar
menunjukkan bahwa civilisers tidak lebih baik daripada perampokan rasialis
keluar untuk mencabut martabat penduduk asli dan harta mereka karena mereka
memiliki (Conrad, 2002.: P 29) "kulit yang berbeda atau sedikit hidung
datar dari mereka sendiri." Conrad langsung mengutuk kerakusan orang-orang
Eropa di Afrika sebagai perebut yang hina atau harta yang pernah menodai
sejarah hati nurani manusia dan eksplorasi geografis.
KESIMPULAN
Setelah menganalisa
imperialisme dalam novel "Heart of Darkness" oleh Joseph Conrad,
Beberapa kesimpulan dapat sampaikan. Mereka mengikuti
sebagai berikuta:
1. Imperialisme adalah
urusan egois keserakahan didorong oleh keinginan jijik laki-laki.
2. The Inefisiensi, kekejaman,
dan pembusukan moral adalah kejahatan yang muncul dalam kekurangan
imperialisme.
3. Imperialisme
menciptakan kejahatan lebih dari baik.
4. Kekejaman putih
terhadap penduduk asli seperti yang digambarkan dalam Kongo adalah semata-mata
karena besar putih untuk mengekstrak kekayaan dari Kongo.
5. Gading merupakan hal
yang paling berharga atau putih di Kongo dan akar dari eksplorasi mereka ke
benua gelap serta akar kekejaman mereka.
SARAN
Disarankan agar para pembaca tidak mengikuti tindakan
imperialis dan pemerintah Indonesia tidak bekerja sama dengan negara-negara
imperialis, dan juga terhadap praktek-praktek imperialism mereka.
Musriadi 10
BIBLIOGRAPHY
Conrad, Joseph. 2002. ‘Heart of darkness’. Delhi: Efficient
offset printers.
Friedman, Norman. 1989. ‘Recent short
story theories problem in definition’. In
Short Story Theory at a Crossroads. Baton Rouge: Louisiana State University
Press.
Graver, Lawrence. 1969. Conrad’s Short Fiction. Berkeley:
University of California Press.
Hornby, A.S. 1974. Oxford Advanced learner’s Dictionary of Current English. London:
Oxford University Press.
Lucas, Michael. Conrad’s Adjectival Eccentricity. Style 25 (1991), 130-9.
Najder, Zdzislaw. 1983. Joseph Conrad : A Chronicle. Cambridge:
Cambridge university Press
Watts, Ian. 1980. Conrad in the nineteenth Century. London: Chatto & Windus.
Watt, Cedric. 1989. Joseph Conrad: A Literary life. London: Macmillan.
Welek, Rene and Austin Warren. 1977. Theory of literature. New York:
Hartcourt Brance Javanovish.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar