Senin, 10 Juni 2013

poskolonial

Musriadi 1

Musriadi (B.S.I/ Ag.4)

Lecturer Rosmah Tami

Colonial and Pasco-Colonial

June 1, 2013

GAMBARAN IMPERIALISME PADA NOVEL “HEART OF DARKNESS” KARYA JOSEPH CONRAD

ABSTRACT
Novel ini membahas tentang penjajahan di Congo yang digambarkan dalam karya Joseph Conrad “ Heart of Darkness” .Joseph Conrad adalah penulis Inggris kelahiran Polandia.Ia menjadi salah satu penulis sastra yang penting, dan keberadaannya disejajarkan dengan DH Lawrence, Herman Mellville, Victor Hugo, Alexandre Dumas, dan lain-lain. Pada mulanya,ia adalah seorang pelaut -atau pengelana.Ia bekerja pada perusahaan perkapalan Belgia ketika mengumpulkan berbagai pengalaman yang akan ditulisnya dalam Heart of Darkness.Novel ini mengambil setting di Afrika (daerah Kongo) pada masa penjelajahan-kolonialisme Barat di Afrika di abad 19. Marlow sebagai karakter utama pada novel ini menggambarkan kekejaman penjajahan melalui perburuan gading dengan mengusulkan untuk membawa penerangan, tetapi dalam waktu yang sama mereka menjadi manusia yang rakus akan kekayaan yang membuat mereka lupa akan tujuan mereka ke Congo untuk memberikan peradaban kepada masyarakatnya, tetapi yang terjadi, mereka memperlakukan masyarakat di sana tidak lebih seperti binatang.Ketamakan membuat mereka menjadi manusia yang kejam.

Keywords:  Greed of Imperialism, Cruelty of imperialism, Exploitation of land.

PENDAHULUAN

Imperialisme adalah kebijakan memperluas kekuasaan negara dan pengaruh di dunia melalui hubungan politik atau kekuatan militer, dan terutama di masa lalu dengan mengakuisisi koloni.
(Oxford advanced Learner’s dictionary; 595)

Pada abad ke-19, berbagai kekuatan Eropa berebut untuk merebut koloni di Afrika. Untuk mengkritik kebijakan tersebut, imperialisme itu tidak lebih dari upaya brutal untuk mengekstrak kekayaan dan sumber daya tanah Afrika.

Novel Joseph Conrad "Heart of Darkness' adalah salah satu novel yang mengekspos eksploitasi imperialism tanah dan orang-orangnya. Novel ini tentunya memiliki sisi publik penting sebagai bentuk dokumen kemarahan pada eksploitasi yang brutal. Ini menceritakan tentang bagaimana kulit putih memperlakukan orang-orang Afrika, terlepas dari misi mereka untuk membudayakan dan memberikan cahaya untuk penduduk asli.


Musriadi 2

METODOLOGI

Dalam penulisan penelitian ini, ada dua pendekatan utama yang digunakan, pendekatan intrinsik dan ekstrinsik. Hakekatnya setelah membaca novel secara menyeluruh, data yang penting bagi subyek diambil keluar. Kemudian, data diatur ke dalam pekerjaan ini. Ekstrinsik, studi diselesaikan oleh referensi. Referensi ini digunakan untuk mendukung semua ide yang digambarkan dalam penelitian ini.

THESIS STATEMENT
Dalam analisis ini, penulis akan mengkaji imperealisme yang terjadi dalam novel “heart of darkness” yang ditulis oleh Joseph Conrad. Heart of Darkness dapat dianalisis dalam hal fokusnya pada periode sejarah, poskolonialisme, kolonialisme, dan acara budaya pada zaman tersebut. Tema dalam novel ini adalah orang-orang Eropa bepergian ke negara-negara terbelakang, biadab, dan tak beradab ini terlihat dalam teks, yang memiliki lingkup sosial yang lebih luas dan artistik. Novel ‘Heart of Darkness’Karya Conrad ini mengkhususkan untuk menghubungkan antara nilai-nilai Victoria dan cita-cita Modernisme.

SYNOPSIS
Aboard the Nellie, anchored in the River Thames near Gravesend, England, Charles Marlow tells his fellow sailors about the events that led to his appointment as captain of a river-steamboat for an ivory trading company. He describes his passage on ships to the wilderness to the Company's station, which strikes Marlow as a scene of devastation: disorganized, machinery parts here and there, periodic demolition explosions, weakened native black men who have been demoralized, in chains, literally being worked to death, and strolling behind them a white Company man in a uniform carrying a rifle. At this station Marlow meets the Company's chief accountant who tells him of a Mr. Kurtz, and explains that Kurtz is a first-class agent.
Marlow leaves with a caravan to travel on foot some two hundred miles deeper into the wilderness to the Central Station, where the steamboat that he is to captain is based. Marlow is shocked to learn that his steamboat had been wrecked two days before his arrival. The manager explains that they needed to take the steamboat up-river because of rumours that an important station was in jeopardy and that its chief, Mr. Kurtz, was ill. Marlow describes the Company men at this station as lazy back-biting "pilgrims", fraught with envy and jealousy, all trying to gain a higher status within the Company, which in turn, would provide more personal profit; however, they sought these goals in a meaningless, ineffective and lazy manner, mixed with a sense that they were all merely waiting, while trying to stay out of harm's way. After fishing his boat out of the river, Marlow is frustrated by the months spent on repairs. During this time, he learns that Kurtz is far from admired, but is more or less resented (mostly by the manager). Not only is Kurtz's position at the Inner Station a highly envied position, but sentiment seems to be that Kurtz is undeserving of it, as he received the appointment only by his European connections.

Musriadi 3
Once underway, the journey up-river to the Inner Station, Kurtz's station, takes two months to the day. On board are the manager, three or four "pilgrims" and some twenty "cannibals" enlisted as crew.
They come to rest for the night about eight miles below the Inner Station. In the morning they awake to find that they are enveloped by a thick, white fog. From the riverbank they hear a very loud cry, followed by a discordant clamour. A few hours later, as safe navigation becomes increasingly difficult, the steamboat is hit with a barrage of sticks—small arrows—from the wilderness. The pilgrims open fire into the bush with their Winchester rifles. The native serving as helmsman gives up steering to pick up a rifle and fire it. Marlow grabs the wheel to avoid snags in the river. The helmsman is impaled by a spear and falls at Marlow's feet. Marlow sounds the steam whistle repeatedly, causing the shower of arrows to cease. Marlow and a pilgrim watch the helmsman die, and Marlow forces the pilgrim to take the wheel so that he can fling his blood-soaked shoes overboard. Marlow presumes (wrongly) that Kurtz is dead. Marlow notes that the International Society for the Suppression of Savage Customs commissioned Kurtz to write a report, which he did eloquently. A footnote in the report, written much later, states "Exterminate all the brutes!" (Later, Kurtz entreats Marlow to take good care of the pamphlet.) Marlow does not believe Kurtz was worth the lives that were lost in trying to find him. After putting on a pair of slippers, Marlow returns to the wheel-house and resumes steering. By this time the manager is there, and expresses a strong desire to turn back. At that moment the Inner Station comes into view.
At Kurtz's station Marlow sees a man on the riverbank waving his arm, urging them to land. Because of his expressions and gestures, and all the colourful patches on his clothing, the man reminds Marlow of a harlequin. The pilgrims, heavily armed, escort the manager to retrieve Mr. Kurtz. The harlequin-like man, who turns out to be a Russian, boards the steamboat. The Russian is a wanderer who happened to stray into Kurtz's camp. Through conversation Marlow discovers just how wanton Kurtz could be, how the natives worshipped him, and how very ill he had been of late. The Russian admires Kurtz for his intellect and his insights into love, life, and justice. The Russian seems to admire Kurtz even for his power—and for his willingness to use it. Marlow suggests that Kurtz has gone mad.
From the steamboat, through a telescope, Marlow can observe the station in detail and is surprised to see near the station house a row of posts topped with decapitated heads of natives. Around the corner of the house, the manager appears with the pilgrims, bearing Kurtz on an improvised stretcher. The area fills with natives, apparently ready for battle. Marlow can see Kurtz shouting on the stretcher. The pilgrims carry Kurtz to the steamer and lay him in one of the cabins. A beautiful native woman walks in measured steps along the shore and stops next to the steamer. She raises her arms above her head and then walks back into the bushes. The Russian informs Marlow that Kurtz had ordered the attack on the steamer. The Russian refers to a canoe waiting for him and notes how delightful it was to hear Kurtz recite poetry. Marlow and the Russian then part ways.
Musriadi 4
After midnight, Marlow discovers that Kurtz has left his cabin on the steamer and returned to shore. Marlow goes ashore and finds a very weak Kurtz making his way back to his station - although not too weak to call to the natives. Marlow appreciates his serious situation, and when Kurtz begins in a threatening tone, Marlow interjects that his "success in Europe is assured in any case"; at this, Kurtz allows Marlow to help him back to the steamer. The next day they prepare for their departure. The natives, including the native woman, once again assemble on shore and begin to shout. Marlow, seeing the pilgrims readying their rifles, sounds the steam whistle repeatedly to scatter the crowd on shore. Only the woman remains unmoved, with outstretched arms. The pilgrims open fire. The current carries them swiftly downstream.
Kurtz's health worsens, and Marlow himself becomes increasingly ill. The steamboat having broken down and being under repair, Kurtz gives Marlow a packet of papers with a photograph. As Kurtz dies, Marlow hears him weakly whisper: “The horror! The horror!”
Marlow blows out the candle and tries to act as though nothing has happened when he joins the other pilgrims, who are eating in the mess-room with the manager. In a short while, the "manager's boy" appears and announces in a scathing tone: "Mistah Kurtz—he dead." Next day Marlow pays little attention to the pilgrims as they bury "something" in a muddy hole. Marlow falls very sick, himself near death.
Upon his return to Europe, Marlow is embittered. He distributes the bundle of papers Kurtz had entrusted to him: Marlow gives the paper entitled "Suppression of Savage Customs" (with the postscriptum torn off) to a clean-shaven man with an official manner. To another man, who claims to be Kurtz's cousin, Marlow gives family letters and memoranda of no importance. To a journalist he gives a Report for publication, if the journalist sees fit. Finally Marlow is left with some personal letters and the photograph of a girl's portrait—Kurtz's fiancĂ©e, whom Kurtz referred to as “My Intended”. When Marlow visits her, she is dressed in black and still deep in mourning, although it is more than a year since Kurtz's death. She presses Marlow for information, asking him to repeat Kurtz's final words. Uncomfortable, Marlow lies and tells her that Kurtz's final word was her name.
PEMBAHASAN
Joseph Conrad menulis Heart of Darkness di akhir tahun 1890-an setelah perjalanan ke Kongo pada awal dekade. Masalah sosial utama di Heart of Darkness berkaitan dengan orang Eropa yang meninggalkan moral ketika dihadapkan dengan kekuatan kolonialisme. Dua karakter utama, Kurtz dan Marlow, kedua bangsawan ini menghadapi tantangan ini. Dengan demikian, tema utama dalam novella dapat didefinisikan sebagai praktek-praktek kemunafikan imperealisme yang bukan kepalang, dengan motif seperti understatements yang ironis, horribleness, dan, tentu saja, kegelapan.

Musriadi 5
Tidak ada kata yang dijelaskan Conrad di Heart of Darkness lebih baik daripada kata pertentangan. Sementara Marlow ketakutan oleh kekerasan kehidupan imperialis di Kongo, dia mengatakan bahwa setiap orang yang memberi ide, bekerja untuk perusahaan. Seiring dengan hal itu, reaksi degenerasi Marlows dan Kurtzs adalah ketakutan. Apa yang dulu tampaknya seperti kesempatan pekerjaan yang legit yang ironisnya ternyata meremehkan, bahkan sudut pandang yang benar-benar akurat atas bibinya yang mendaftarkannya pekerjaan pada perusahaan. Kata-kata tidak bisa menggambarkan apa yang telah dialami Marlow.

Gaya penemuan Conrads terhadap Marlows mengindikasikan kegelapan. Dia menyampaikan masalah korupsi di tanah kolonial melalui simbol-simbol, seperti: kabut, kegelapan, sungai, kepala dipenggal, kebobolan melalui tiang pagar, dan penyalahgunaan perempuan. Ketiga digunakan untuk pratanda yang berakhir tidak menyenangkan, dan digunakan di seluruh novel. Dua yang terakhir lebih khususnya menyoroti peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan yang membuka perjalanan Marlows dan memperhatikan perlakuan brutal terhadap budaknya, dan hubungan Kurtzs dengan gundiknya.

Menggunakan diksi bervariasi, sebagai cara Conrad membedakan karakter. Eropa berbicara dengan makna, orang-orang akan jalan-jalan biasa (ex, itu wajar, dan tidak orang-orang, mereka tidak tidak manusiawi. Yah, kau tahu, itu adalah kecurigaan terburuk mereka yang tidak manusiawi). Afrika berbicara dalam ungkapan sederhana, dan terdengar tidak berpendidikan (ex, Mistah Kurtz, ia mati satu sen untuk pria tua). Ini menambahkan unsur realisme Heart of Darkness, sehingga mendukung masalah sosial yang dibahas dalam novel. Citra Conrads besar atas Marlows dengan narasi yang secara akurat dengan pratanda gelap. Peristiwa mengancam yang akan segera membuka gulungan.

Imperialisme tetap menjadi pusat di "Heart of Darkness" pada 1890-an, sebagian besar "tempat gelap" didunia telah ditempatkan di bawah kontrol Eropa, dan negara-negara besar Eropa yang membentang tipis, berusaha untuk mengelola dan melindungi kerajaan besar yang berjauhan. Retakan mulai muncul dalam sistem, kerusuhan, perang, dan ditinggalkannya grosir perusahaan komersial semua mengancam orang kulit putih yang tinggal di sudut jauh dari kerajaan. Heart of Darkness menunjukkan bahwa ini adalah hasil alami ketika orang-orang yang diizinkan untuk beroperasi di luar sistem sosial checks and balances: kekuasaan, terutama kekuasaan atas manusia lainnya, pasti merusak. Pada saat yang sama, hal ini menimbulkan pertanyaan apakah mungkin untuk memanggil seseorang gila atau salah ketika ia adalah bagian dari sebuah sistem yang begitu benar-benar merusak. "Heart of Darkness", dengan demikian, pada tingkat yang paling abstrak, adalah sebuah narasi tentang kesulitan memahami kata di luar diri, tentang kemampuan satu orang untuk menghakimi orang lain.

Keserakahan dan kekejaman imperialisme digambarkan dalam Joseph Conrad "Heart of Darkness" pada dasarnya muncul dari kelas pemburu gading, sedangkan Kurtz, dibagian primitif dari benua yang gelap.

Musriadi 6

a.      Keserakahan Imperialisme

Keserakahan untuk kekayaan adalah akar segala kejahatan. Tindakan Rakyat sangat dipengaruhi oleh kekayaan. Ini adalah sama dengan karakter dalam "Heart of Darkness", Kurtz, dan pemburu gading lainnya, yang percaya bahwa uang adalah segalanya. Mereka dipengaruhi oleh kekuatan uang. Oleh karena itu, mereka mencoba untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin dengan cara apapun. Mereka dapat melakukan apapun untuk keinginan mereka, bahkan mereka harus membunuh orang lain dan mereka akan melakukannya. Dengan kata lain, mereka mendapatkan uang baik jujur ​​atau tidak jujur.

Kurtz adalah seorang idealis yang mengusulkan untuk membawa pencerahan, peradaban, dan kemajuan ke benua Afrika, tapi pada saat yang sama, karena menjadi mengerikan, Kurtz didorong oleh hal yang sama "kerakusan yang bodoh", yang membuat dia sinis, lapar untuk kekayaan dan kekuasaan yang dapat membawa ia keluar dari Kongo dan orang-orangnya. Kurtz sendiri mengakui pembauran dua motif ketika ia menulis:

“Each station should be like a beacon on the road towards better things, a centeror trade of course, but also for humanizing, improving, instructing.” (Conrad, 2002: p.53)

Sejak awal, Kurtz melihatnya sebagai misinya baik untuk menyelamatkan orang-orang Kongo dan untuk menghibur toko besar kerja gading mereka.

     Narator Conrad, Marlow, lebih jelas terlihat daripada Kurtz dalam pemahaman tentang sifat sejati dari imperialisme. Mengingat bagaimana bibinya itu "dibawa kakinya" dengan efusi tentang misi pembudayaan imperialis Eropa di Afrika. Dalam novel, Conrad berkomentar bahwa ia memberanikan diri untuk menekan bahwa perusahaan itu dijalankan demi keuntungan. Pada awal novel Marlow bahkan lebih tajam menyatakan bahwa imperialisme adalah:

“just robbery with violence, aggravated murder on a great scale, and men going at ity blind as is every proper for those who tackle a darkness. The conquest of the earth, which mostly means the taking it away from those who have a different complexion or slightly flatter noses than ourselves, is not a pretty thing when you look into it too much. What redeems it is the idea only.” ( Conrad, 2002: p.19 )

Cara di mana imperialis memperlakukan Afrika lebih seperti budak ketimbang orang. Novel "Heart of Darkness" menjelaskan banyak kasus yang menunjukkan keserakahan dan keegoisan imperialisme.

Setiap kepala diberi wewenang untuk mengumpulkan pajak. Individu harus bekerja untuk jangka waktu tertentu untuk pembayaran minimum. Ini, tentu saja, adalah nama lain dari perbudakan. Yang disebut wajib pajak diperlakukan seperti tahanan, pekerjaan
Musriadi 7

dilakukan di bawah pengawasan tangan penjaga, dan, sebagaimana dapat dengan mudah dibayangkan, sistem meminjamkan sendiri untuk semua jenis kebrutalan. Semangat kepahitan dan kebencian dihasilkan pada orang-orang itu cukup menakutkan, tapi sedikit yang bisa dilakukan tentang hal itu seperti pohon itu tidak cukup kontrol di daerah untuk mencegah berbagai agen dari penyalahgunakan kekuasaan mereka.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa kulit putih telah menerapkan praktek-praktek tidak bermoral, dan disalahgunakan kekuasaan mereka melawan Afrika. Hal ini juga memberikan wawasan tentang kengerian imperialisme yang terjadi pada waktu itu. Selain itu, ini menunjukkan bahwa kulit putih bisa melakukan apa pun termasuk mengambil alih orang dan menggunakan mereka sebagai 'budak' untuk keuntungan pribadi mereka sendiri. Hasil kegilaan ini dan keserakahan dapat menjadi yang terbaik ditunjukkan melalui penggunaan Conrad pada hidup dan citra. Tanah Afrika digambarkan melalui keluar buku sebagai sesuatu yang hidup, dan Kongo dibawa untuk hidup sebagai ular. Bukit-bukit juga digambarkan sebagai 'takut' dari sumber daya yang diambil dari mereka. Pohon-pohon dan tanah di Afrika yang terus bergerak dan menelan para pelancong. Ini adalah semacam memaksa mereka menuju Kurtz. Tanah tersebut digunakan untuk memberontak oleh wisatawan mencari Kurtz.

Seluruh suasana di Kongo adalah salah satu materialisme seseram yang dapat dilihat dalam kutipan di bawah ini:

“The word ivory rang in the ear, was whispered, was sighed. You would think they were praying to it. A taint of imbecile rapacity blew through it all, like a whiff from some corpse.” (Conrad, 2002:p.40)

a.         Kekejaman Imperialisme

Hal ini ditunjukkan dalam novel bahwa imperialisme tidak pernah peduli terhadap perasaan orang lain. Cahaya yang muncul untuk mencerahkan adalah ilusi. Imperialisme, keserakahan, kekejaman, dan penganiayaan terhadap manusia terjadi sepanjang waktu dalam kehidupan pribumi.

Ketika Marlow mendarat di stasiun pertama, ia dikejutkan oleh penampilan khas daerah, Ini adalah adegan 'kehancuran hunian'. Mesin-mesin yang dibawa dari Eropa untuk 'kemajuan' terlihat aneh  semua dan berada di lingkungan yang asing. Marlow datang di sebuah truk kereta api berukuran telentang memanjang:

“The thing looked as dead as the carcass of some animal.” (Conrad, 2002: p. 30)

Sebuah kubangan boiler tanpa tujuan di rumput, setumpuk rel adalah mengumpulkan karat, banyak drai pipa nage jatuh, bagian mesin membusuk tersebar di seluruh tempat. Marlow mengatakan bahwa seluruh proyek adalah nakal yang menghancurkan. Membosankan dan kehancuran berat mengguncang tanah yang menunjukkan upaya untuk ledakan batu, namun ledakan itu lemah dan tidak efektif. Tidak ada perubahan yang muncul pada wajah batu.
Musriadi 8

“They were building a railway. The cliff was not in the way or anything; but this objectless blasting was all the work going on.” (Conrad, 2002: p.30)

Perasaan ini menunjukkan kegilaan orang Eropa. Mereka menjadi tuan yang kejam dan tidak peduli tentang kondisi tanah asli dan Afrika.

Di stasiun yang sama, Marlow mengalami pandangan lain yang lebih mengerikan dan tajam. Marlow mengatakan bahwa ia berjalan ke dalam lingkaran suram, beberapa inferno yang sekarat dan negro ditinggalkan. Ini negro dikumpulkan dari bagian yang berbeda dari negara untuk membuat stasiun huni untuk orang kulit putih. Mereka dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang tidak asing bagi mereka. Mereka tidak punya cara untuk melarikan diri tetapi tetap bekerja. Orang-orang Eropa mengekstrak tenaga kerja maksimum dan membayar mereka tiga sembilan inci sepanjang kuningan kawat dalam seminggu, yang tidak cukup untuk mereka untuk apa-apa. Selain itu, makanan yang tidak biasa dan iklim buruk. Sebagian besar dari mereka berubah menjadi bangkai manusia. Tidak ada perawatan medis diberikan kepada mereka dan mereka diizinkan perlahan binasa dan menyakitkan.

“They were dying slowly-it was clear. They were not enemies, they were not criminals, they were nothing earthly now-nothing but black shadows of disease and starvation, lying confusedly in the greenish gloom. Brought from all the recesses of the coast, in all the legality of time and contracts, lost in uncongenial surroundings, fed on unfamiliar food, they sickened because of insufficient food and were then allowed to crawl and rest.” (Conrad, 2002: p.32)

     Ini adalah contoh yang menceritakan pemborosan manusia yang sangat besar dan penderitaan manusia yang diderita penduduk asli Afrika oleh Master Eropa. Satu sisi dengan rasa kasih sayang yang mendalam untuk kesakitan orang negro. Simpati Conrad, dimediasi melalui pemikiran dan tindakan dari Marlow, mengamankan posisinya secara permanen sebagai humanis. Marlow menyebarkan penduduk asli dengan menarik peluit kapal untuk menjaga mereka dari bahaya.

     Marlow memenuhi general manager, seorang pedagang putih yang khas, yang hanya peduli dengan keuntungan materi. Dia adalah seorang pria yang kuat. Manajer digunakan untuk menyatakan pandangan bahwa orang-orang yang dekat dengannya datang ke Kongo seharusnya tidak memiliki perut.

“Men who come out here should have no entrails.” (Conrad, 2002: p.39}

     Dia menambahkan bahwa mereka seharusnya tidak memiliki hati nurani untuk Eropa yang tidak menunjukkan tanda yang membingukan pada tontonan penderitaan manusia.

     Untuk Marlow, semua pengalaman imperialis menjadi salah satu pengalaman. Eksploitasi manusia yang imperialisme di Afrika mensyaratkan dan mengingatkan dia tentang penaklukan Inggris oleh Romawi, berlayar dari cahaya Inggris ke kegelapan
Musriadi 9

laut, kembali dengan 'panggul bulat' kapal mereka menggelembung harta. Keserakahan dan kekejaman yang sama untuk daya dan berada di akar penaklukan tersebut dan penerapan ditandai kekuatan keberutalan mereka juga:

“They were conquerors and for that you want only brute force-nothing to boast of, when you have it, since your strength is just an accident arising from the weakness of others. They grabbed what they could get for the sake of what was to be got. It was just robbery with violence, aggravated murder on a great scale, and men going at it blind – as is very proper for those who tackle a darkness.” (Conrad, 2002: p. 190)

     Conrad benar menunjukkan bahwa civilisers tidak lebih baik daripada perampokan rasialis keluar untuk mencabut martabat penduduk asli dan harta mereka karena mereka memiliki (Conrad, 2002.: P 29) "kulit yang berbeda atau sedikit hidung datar dari mereka sendiri." Conrad langsung mengutuk kerakusan orang-orang Eropa di Afrika sebagai perebut yang hina atau harta yang pernah menodai sejarah hati nurani manusia dan eksplorasi geografis.

KESIMPULAN

Setelah menganalisa imperialisme dalam novel "Heart of Darkness" oleh Joseph Conrad, Beberapa kesimpulan dapat sampaikan. Mereka mengikuti sebagai berikuta:

1.  Imperialisme adalah urusan egois keserakahan didorong oleh keinginan jijik laki-laki.

2. The Inefisiensi, kekejaman, dan pembusukan moral adalah kejahatan yang muncul dalam kekurangan imperialisme.

3.   Imperialisme menciptakan kejahatan lebih dari baik.

4.  Kekejaman putih terhadap penduduk asli seperti yang digambarkan dalam Kongo adalah semata-mata karena besar putih untuk mengekstrak kekayaan dari Kongo.

5.  Gading merupakan hal yang paling berharga atau putih di Kongo dan akar dari eksplorasi mereka ke benua gelap serta akar kekejaman mereka.

SARAN

Disarankan agar para pembaca tidak mengikuti tindakan imperialis dan pemerintah Indonesia tidak bekerja sama dengan negara-negara imperialis, dan juga terhadap praktek-praktek imperialism mereka.




Musriadi 10

BIBLIOGRAPHY
Conrad, Joseph. 2002. ‘Heart of darkness’. Delhi: Efficient offset printers.
Friedman, Norman. 1989. ‘Recent short story theories problem in definition’. In Short Story Theory at a Crossroads. Baton Rouge: Louisiana State University Press.
Graver, Lawrence. 1969. Conrad’s Short Fiction. Berkeley: University of California Press.
Hornby, A.S. 1974. Oxford Advanced learner’s Dictionary of Current English. London: Oxford University Press.
Lucas, Michael. Conrad’s Adjectival Eccentricity. Style 25 (1991), 130-9.
Najder, Zdzislaw. 1983. Joseph Conrad : A Chronicle. Cambridge: Cambridge university Press
Watts, Ian. 1980. Conrad in the nineteenth Century. London: Chatto & Windus.
Watt, Cedric. 1989. Joseph Conrad: A Literary life. London: Macmillan.
Welek, Rene and Austin Warren. 1977. Theory of literature. New York: Hartcourt Brance Javanovish.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar